RSS

JAPAN TRIP - PROLOG


Ketika menulis postingan ini, saya teringat postingan lama saya ini. Bener ya apa yang kita harapkan dengan sungguh-sungguh, satu demi satu terwujud kadang di waktu yang tidak disangka-sangka. Saya menulis wishlist travelling itu di tahun 2009, dan sekarang di tahun 2017 sudah terlaksana 4 dari 7 tempat yang saya inginkan. Masyaallah, terima kasih ya Allah, wishlist negara tujuannya sudah nambah sekarang seiring pengalaman dan wawasan yang semakin terbuka, tetapi biar 7 tempat utama tersebut tetap jadi wishlist utama ketika saya saat itu baru masuk kerja. 

Jepang adalah negara no 1 di wishlist saya itu, wajar mengingat saya otaku yang sangat mencintai komik jepang dari SD. Sebetulnya malas sekali mau menulis lagi apalagi pasti postingan travelling itu panjang, tetapi ternyata postingan travelling pribadi itu sangat berguna buat saya sebagai kenangan perjalanan karena jangankan lama, baru berapa bulan kemudia saja terkadang saya sudah lupa detil-detil tertentu seperti Korea Trip yang tidak saya tulis, skrg jadi nyesel karena ada hal-hal yang tentu saja terlupakan.

Jadi mungkin seperti travel's postingan orang lain, Japan Trip ini akan saya buat perhari saja nantinya, dan kapan menyelesaikannya ga tau :D

Sekarang saya mau cerita awal mendadak liburan ke Jepang ini. Sebetulnya tahun 2014 sudah beli tiket ke Jepang dengan Singapore Airline ketika ada travel fair dengan perjuangan antri berdiri yang luar biasa. Wow bingitz saat itu di Grand Indonesia. Perginya sudah janjian dengan Mbak Widi tapi takdir berkata lain, saya ternyata hamil. Sebetulnya jadwal tsb di usia kandungan saya nantinya sudah di atas 4 bulan dan konsul ke dokterpun beliau menyatakan aman, apalagi di tanggal tsb Pak Dokter bilang dia juga lagi ada di Jepang. Yah, si bapak, emangnya saya kalau kenapa-kenapa bisa nyusulin pak Dokter yang lagi jalan-jalan :D. Akhirnya kita memutuskan untuk cancel aja daripada menyesal , apalagi ini kehamilan yang ditunggu. Yang berat malah pas mau ngomong ke Mb Widi karena ngerasa ga enak nantinya dia cuma jalan berdua aja ama suaminya, sedangkan saya yang ngajak ke sana. Eh, ga disangka-sangka pas ngomong, dia juga hamil dan ga enak mau ngomongnya gmn ke saya. LOL. Yeay, finally qt akhirnya batal jalan. Untungnya pas beli pake dollar dan ketika refund dengan melampirkan surat keterangan hamil, setelah dipotong biaya administrasi pun masih untung karena dollar naik, haha.Total saya cancel 3 perjalanan karena kehamilan saat itu, sorry to Fia kita gagal ke Belitung untungnya Sriwijaya mau refund 75%, dan sorry to my mom saya batal ke Ponti dan tiket garudanya hangus padahal dah beli PP.
Cerita perjalanan ini, saya bersyukur banget dapat banyak promo ataupun diskon sehingga lumayan banget menghemat budget. 

TIKET
Setelah lahiran, setiap ada travel fair cuma bisa mupeng-mupeng aja, karena maunya baru jalan ke luar kalau Thierra sudah mengerti dan mengingat, mikirnya gt biar dia bisa ada kenangan pada saat jalan itu maksudnya. Ternyata godaan lebih kuat, ketika malam-malam iseng liat promo online PP Tokyo-Jkt cuma 3,6jt per orang dengan Malaysia Airlines, siapa siih yang ga tergoda, mana itu peak season pula disaat estimasi sakura mekar. Jadi saat itu pukul 23.35 tengah malam saya bangunin suami yang masih tidur cuma buat bilang, udah yaa kita ke Jepang gpp yaa, kamu harus cuti tanggal segini. *maksa*. Itung-itung sisa cuti masih bisa buat perjalanan 11 hari. Total tiket PP 2 dewasa 1 infant 8,2 jt. Yeayy..fix Thierra ke Jepang ^__^

ITENARY
Setelah fix tiketnya, mulai besoknya sudah rajin banget blog walking dan research padahal masih 7 apa 8 bulanan perjalanannya. Kebetulan neng Yanda juga mau berangkat ke jepang (lebih cepat dari saya malah) jadinya banyak banget dapat info dari Miss Almost Know Everything inii (bagus ya gelar gw buat lo nda ).  Tapi memang bikin itenary jauh-jauh hari itu banyak hikmahnya, kita jadi bisa dapat info banyak dulu (walaupun jadi sering revisi itenary) trus terkadang kita ga tau apa yang terjadi di dekat keberangkatan. Seperti kondisi saya, mulai pengajuan cuti sebulan sebelum perjalanan buat jaga-jaga di kantor, malah habis diapprove digeber deadline ama bos karena dia maunya banyak hal sudah beres sebelum saya berangkat, alhasil sering lembur sampe malam dan ga bisa google2 cantik di jam kerja. Ruginya ya, saya jadi agak-agak lupa sama itenary saya sendiri, dan ketika jalan cuma ingat tujuannya apa aja, tp ada yang kebalik2 timingnya sehingga ga efisien (salah sendiri malas cek itenary on the spot).

Jadi tips buat bikin itenary dari saya, buat aja se Agresif mungkin (tapi masih masuk akal jamnya pasti), karena hal itu membantu ketika satu tujuan gagal (misal karena tutup atau waktu kita mepet) kita punya opsi lain yang sudah ada di itenary. Ga bingung nyari atau mikir lagi disana. Lalu buatlah itenary lengkat dengan jalur kereta, alternatif transportasi sekaligus dengan biayanya.

JR PASS & USJ TICKET
Berhubung saya berencana trip di 3 kota (Tokyo, Osaka dan Kyoto), saya merencanakan menggunakan JR Pass. Saya memutuskan hal ini dari hasil itenary saya yang sudah saya lengkapi dengan biaya dengan dan tanpa JR Pass, jadi saya bisa membandingkan berapa selisih yang bisa saya hemat. Sebetulnya jika tiket pesawat yang dibeli Jkt-Tokyo - Osaka-Jkt, saya rasa mungkin tidak perlu JR Pass, anda bisa naik Willer Bus (hemat biaya hotel) lalu bisa mencoba shinkansen Kyoto-Osaka biar sah di Jepangnya :D, tapi karena tiket sya promo dimana harus berangkat dan pulang di bandara yang sama, itungannya lebih hemat dengan JR Pass.

JR Pass dan USJ Ticket saya beli di Kenikura Tour dengan harga 3,2jt dan 875rb. Ini merupakan harga termurah dari hasil pencarian saya. Tambahan pula saya diberikan free ongkir jadi ga perlu ambil sendiri, bisa bayar di Tokopedia (ga perlu khawatir ditipu) dan bisa nyicil 0% pula kan kalau di Tokped, plus dapat cashback kalau anda punya akun ShopBack (luar biasa ya hitungan emak2 ala gw :D), so I saved many actually :D

MOBILE WIFI ROUTER
Barang satu ini luar biasa super penting. Ga tau deh perjalanan di sono kalau ga bisa internetan, karena hampir semua perjalanan dan tujuan kita mengandalkan Google Maps dan Rome2Rio. Di itenary saya sih sudah ada jalur-jalur yang saya tuliskan, tapi namanya travelling itu super fleksible, jadi perubahan tak terhindarkan.

Setelah telpon wa dan email-emailan dengan banyak travel dan jasa penyewaan (untungnya saya ga buru-buru memutuskan), tanpa sengaja menemukan iklan Wi2Fly dan ga tau kenapa saya buka akun IG mereka (padahal sy jarang banget ya nyari promo travel dari IG). ALhamdulillah, di IG lagi ada promo (padahal di web ga mereka tampilkan), saya dapat harga sewa 11 hari hanya 490rb rupiah. *SuperHappy*
Soalnya di tempat lain paling murah 690rb itupun untuk 10hari. So..rajin-rajinlah Google ya. Review saya untuk wi2fly ini  top, kecepatannya ok, no buffering kalau buka youtube, sinyal cuma hilang pas di dalam terowongan aja.

VISA
Karena saya posisi di Jambi, hiks, ngurus visa akhirnya lewat jasa travel agent, E Pasport 50 rb dan paspor biasa 405rb. Borosnya di ongkir karena bolak-balik kirim dokumen, mana harus pake asuransi pula karena yang dikriim pasport. Posisi saya di Sumatera suami Kalimantan, trus tiba2 perlu tanda tangan, jauh bener dah dokumennya jalan-jalan. Alhamdulillah semua beres walaupun terpisah jarak,hehehe.

MONEY CHANGER
Untuk tukar uang rupiah ke yen, saya akhirnya tukar di ITC Kuningan, lebih mengejar ke efisiensi waktu sih, karena sebelum ke Jepang saya hanya punya 1 hari di Jkt untuk packing, ambil modem, tukar duit, bla bla. So karena ambil modemnya di wilayah City Walk Sudirman situ, cari yang dekat aja lah tukar duitnya apalagi selisihnya setelah dibandinkan dikit aja dg yang paling murah yang kita cek. Salah satu fungsi itenary yang kita susun dengan budget tentu saja membantu kita untuk memperkirakan brp uang yang saya bawa kesana. Selain itu di itenary saya juga sudah sy pisahkan yang mana yang kira-kira menggunakan CC dan yang mana akan saya bayar cash.

Let's Go!!!





0 komentar:

Posting Komentar

Map of My Trips

Copyright 2009 thiernaphilo. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates