RSS

Nastar Keju


Tujuan utama saya membeli microwave adalah untuk bikin cookies, jadi resep pertama haruslah itu :) Jadi untuk mengetes kepiawaian microwave saya, resep yang saya pilih adalah kue kering favorit saya tentunya, dan itu adalah NASTAR =). Nastar merupakan everlasting cookies buat saya, dari zaman saya SD dimana ibu saya bikin nastar pake cengkeh d atasnya, jadi kayak buah jambu bentuknya, sampai nastar terakhir yang saya makan pas lebaran 2010 kemarin di rumah guru SMA saya. Nastar di saat lebaran itulah yang rasanya susah saya lupakan. Benar-benar yummy, yang paling saya rasakan adalah keju dan susunya. Jadi mulailah saya browsing di google mencari resep nastar yang menggunakan keju (ooooh..thanks God for Google :D). 

Akhirnya saya mencoba resep dari blognya mba Dyah,,(thanks ya mbak), dengan perubahan dibeberapa hal khususnya kuantitas dari masing-masing bahan.
 . 
Bahan :
250 gr margarin (seharusnya butter)
2.5 kuning telur
350 gr Terigu protein sedang
50 gr susu bubuk
50 gr gula halus
100 gr keju edam parut (berhubung di Prabumulih tidak ada, saya ganti dengan cheddar)

olesan:
campur 4 kuning telur dan 2 sdt susu kental manis,
atau
campur 4 kuning telur dan 1 sdt cookie glaze



Cara membuat:
- kocok butter dan gula halus menggunakan mikser sebentar saja, masukkan kuning telur satu persatu, tambahkan susu dan keju parut.
- Masukkan tepung dan susu bubuk, aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu
- ambil adonan sebesar kelereng, isi dengan selai nanas bulatkan lagi
- tata dalam loyang (tanpa dioles margarin supaya tidak melebar kalau dipanggang)
- olesi dengan kuning telur

Dengan bahan yang sudah saya minimalkan, ternyata tetap jadi banyak adonannnya. Sy mulai mengerjakan jam 14:00 selesainya jam 20:00 (sudah termasuk sy mandi dan shalat..hehe), pinggang sy sakit...haha. 

Lessons in my experiment:
1. Di dalam resep aslinya, seharusnya disetting dengan suhu 170 selama 30 menit. Disinilah saya menemukan kekurangan microwave sy, tidak ada setelan suhu :( yang ada adalah level daya, dan berdasarkan buku petunjuknya untuk memanggang cookies menggunakan daya medium. Ternyata dengan setelan microwave saya, tidak sampai 30 menit, nastarnya sudah matang...aaaaa....1st big mistake, jadi loyang pertama saya agak kering dibanding yang saya harapkan. Untunglah saya rajin mengecek selama dipanggang, jadi ketika sy lihat dia mulai kering di menit ke 13 sy langsung stop. Tetap aja masih ada some nastars yang too dry for me,
2. Jangan mengisi selai terlalu banyak. 
Saya sangat suka selai nanas, jadi saya mengisi selainya dengan jumlah banyak. Ternyata di saat baking, selainya keluar dan membuat nastarnya cepat gosong. Selain itu nastarnya jadi retak/pecah. Bisa dilihat di foto yang diupload.
3. Lebih baik tetap menggunakan butter, karena saya merasa ada rasa yang hilang dari nastar yang sy buat walaupun utnuk percobaan pertama ini saya puas, karena rasanya enaaaaak...hehe. 
Dengan penampilannya yang tidak menarik (karena dia agak pecah2 dan selainya muncul di beberapa nastar), saya bawa ke kantor, ternyata komentarnya enaaak.hehehe,

jangan liat rupanya, tapi rasanya, haha

Above all, sy jadi termotivasi untuk mencoba lagi dengan menggunakan butter biar legitnya terasa dan tentunya dengan porsi yang tepat biar tampilannya tambah makcling, dan pastinya improve pengaturan timer pemanggangannya. Tak sabar menunggu hari libur tiba =)  

0 komentar:

Posting Komentar

Map of My Trips

Copyright 2009 thiernaphilo. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates