RSS

Pisang Goreng


Biar saya keren begini  *kibas jilbab*, salah satu makanan favorit saya itu sederhana banget lho. Saya suka banget sama pisang goreng,,, sukkaaaa banget. Bukan gara-gara Pontianak terkenal dengan pisang gorengnya itu lho ya, malah saya baru ngeh orang ngomong Pisang Goreng Ponti ya pas saya kuliah, ga da tuh kita disana ngerasa itu khasnya kita. Tetapi emang di KalBar nyari pisang goreng itu gampang banget, ga perlu nyari pake muter-muter dan pada dasarnya dari kecil saya suka banget sama pisang, entah di bakar, kolak, setup, tetapi yang paling hobby ya emang pisang goreng.

Dan yang mau saya bahas disini adalah emang ternyata si pisang goreng ini beda-beeda ya tiap daerah walaupun yang digoreng itu sama-sama pisang kepok. Setelah saya lumayan muter-muter banyak kota, ternyata yang enak menurut saya itu cuma pisang goreng di KalBar sama wilayah Sumut-Aceh, sedangkan di tempat lain biasa aja malah bisa tergolong ga enak khususnya di Sumsel ini :(.  Di KalBar sama Sumut-ACeh itu tekstur pisangnya hampir sama, manisnya beneran dari pisang dan bukan dari tepungnya. Saya bete banget tuh sama goreng pisang yang pake gula berlebih di tepungnya dan diberi pewarna pada tepungnya...:| BAD.

Sedangkan pisang goreng yang rada unik itu di KalSel dan Sulawesi, disana makan pisang goreng disediakan juga sambelnya, hehehe. Pas di kalsel itu malah sambalnya pake kecap gitu. Bahkan, saking sukanya, kalau lagi nginep di hotelpun dan ada di menu Room Service saya pasti pesen pisang goreng. So far nemu pisang goreng enak di hotel Twin Plaza Slipi, pisangnya enak dan ditaburin keju yang banyaaakkkk plus saos karamel gula merah (yess, persis kesukaan sy).  Yummyyy.

Yah, lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, lain daerah lain pisang gorengnya yak. Saya nulis ini mah karena kemaren pas sakit ngebet banget makan pisang goreng. Berhubung seperti yang saya bilang di atas, pisang goreng di Sumsel itu ga enak en jarang yang jualan jadi saya sering goreng sendiri deh ;).

0 komentar:

Posting Komentar

Map of My Trips

Copyright 2009 thiernaphilo. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates